Thursday, September 20, 2018

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Siapa yang tak kenal dengan lidah buaya. Lidah buaya dikenal oleh masyarakat memiliki khasiat dan manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan maupun untuk kecantikan, wajah rambut dan bibir. Banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan dasar atau bahan campuran dalam pembuatan kosmetik atau produk kecantikan lainnya. Hal ini karena lidah buaya atau aloe vera memiliki berbagai jenis kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan di dalam lidah buaya ini antara lain: protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, lemak, karbohidrat, vitamin A, B1 dan C.


Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan


Berikut adalah beberapa manfaat dari lidah buaya untuk kesehatan.

  • Mempercepat Penyembuhan Luka
Lidah buaya memiliki kandungan zat anti-inflamasi yang sangat berguna untuk menyembuhkan luka luar serta kandungan anti bakteri di dalamnya yang akan sangat efektif dalam melawan infeksi yang disebarkan bakteri sehingga akan mempercepat proses penyembuhan luka.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Anda dapat mengkonsumsi lidah buaya dalam bentuk minuman seperti jus ataupun suplemen lidah buaya. Lidah buaya akan membantu penyerapan vitamin dan mineral yang tentunya sangat berguna bagi tubuh secara maksimal sehingga kekebalan tubuh pun akan meningkat.

  • Membasmi Plak Gigi
Lidah buaya yang digunakan sebagai obat kumur untuk mengurangi dan membasmi plak di gigi memiliki efek yang hampir sama dengan chlorhexidine atau obat antiseptik golongan antimikroba.

  • Mencegah Penuaan Dini
Berdasarkan hasil riset, lidah buaya terbukti memiliki efek anti penuaan. Cara kerjanya yaitu dengan meningkatkan produkis kolagen, selain itu lidah buaya juag mengandung zinc yang berfungsi untuk mengencangkan kulit, memperkecil pori-pori dan meningkatkan elastisitas kulit.

  • Membantu Mengatasi jerawat
Lidah buaya memiliki kandungan asam salisilat alami yang berfungsi membunuh bakteri penyebab jerawat. Caranya yaitu pertama Anda belah lidah buaya menjadi 2 bagian, ambil bagian tengah dari lidah buaya, tempelkan atau usapkan ke seluruh wajah, diamkan selama 30 menit, kemudiaan bilas hingga bersih.

  • Membantu Proses Detoksifikasi
Terkadang tubuh membutuhkan waktu untuk mengeluarkan semua racun dar dalam tubh atau dikenal dengan proses detoksifikasi. Dengan rajin mengkonsumsi lidah buaya, proses detoksifikasi dalam tubuh akan lebih cepat karena di bantu oleh manfaat dari  kidah buaya.


  • Mengurangi Nyeri Sendi

Lidah buaya juga terkenal dengan sifat anti inflamasinya yang menakjubkan karena dapat bekerja sebagai pereda rasa sakit dan pembengkakan akibat arthritis. Jus lidah buaya juga sangat efektif dalam meredakan pembengkakan yang berhubungan erat dengan arthritis (radang sendi).


  • Meredakan Sakit Otot

Sifat anti inflamasi dalam lidah buaya juga sangat bermanfaat dalam meredakan nyeri otot. Anda bisa langsung mengoleskan gel lidah buaya ke area otot yang terasa nyeri atau Anda juga bisa membuat lidah buaya menjadi jus dan mengkonsumsinya. Hal ini telah dibuktikan dalam beberapa penelitian yang melaporkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi jus lidah buaya setidaknya dalam waktu 2 minggu, maka rasa nyeri yang disebabkan oleh peradangan akan teratasi secara efektif.


  • Mengurangi Kadar Gula Darah

Lidah buaya juga bermanfaat dalam mengurangi kadar gula darah. Mengkonsumsi jus lidah buaya dapat bermanfaat dalam mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Hasil penelitian tentang efek lidah buaya pada model tikus diabetes menunjukan bahwa lidah buaya juga sangat bermanfaat dalam pengobatan diabetes.

Demikianlah informasi mengenai "Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan" yang dapat kami sampaikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih :)

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment