Sunday, June 9, 2019

Waspada Beberapa Penyakit Ini Sering Muncul Pasca Lebaran

Sintajamuwalatra.blogspot.com - Momen lebaran terasa kurang lengkap apabila tidak disertai dengan berbagai macan makanan dan minuman khas lebaran serta momen berkunjung ke sanak sodara untuk bersilaturahmi. Dan pada umumnya saat lebaran kita tidak mengontrol asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Hal tersebut tentunya akan memicu munculnya beberapa penyakit pasca lebaran.

Berbagai Penyakit Pasca Lebaran


Perlu Anda ketahui bahwa terdapat banyak sekali makanan yang disajikan saat lebaran yang mengandung banyak garam, gula dan lemak yang tinggi. Apabila semua kandungan tersebut dikonsumsi secara berlebihan, maka dampak negatifnya akan muncul berbagai jenis penyakit. Berikut adalah beberapa jenis penyakit pasca lebaran yang perlu Anda waspadai, diantaranya:

Flu dan Batuk

Penyakit pasca lebaran yang paling sering terjadi adalah flu dan batuk. Hal ini dikarenakan saat lebaran banyak orang yang menyajikan minuman manis dan dingin. Meskipun minuman tersebut menyegarkan, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan flu dan batuk. Selain itu, saat lebaran kita juga lebih sering bersalaman dengan banyak orang, dimana hal ini tentunya akan beresiko memicu tubuh terkena virus.

Maag

Maag juga merupakan penyakit pasca lebaran yang sering muncul selanjutnya. Kondisi ini dapat terjadi karena adanya perubahan pola makan selama berpuasa, kemudian melampiaskannya saat lebaran. Adapun beberapa gejala yang biasa Anda rasakan adalah nyeri ulu hati, nyeri di bagian perut atas, kembung perut bagian atas, sering bersendawa, mual dan muntah.

Hipertensi

Penyakit pasca lebaran yang selanjutnya adalah hipertensi atau darah tinggi. Seseorang yang mengalami hipertensi apabila tekanan darahnya menunjukan angka 130/80 mmHg atau lebih. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda mengontrol pola makan saat lebaran.

Radang Tenggorokan

Pada umumnya, makanan-makanan khas lebaran terbuat dari berbagai jenis bumbu yang kuat. Sehingga mengkonsumsi makanan lebaran secara berlebihan bisa memicu terjadinya kanker tenggorokan. Adapun gejala radang tenggorokan yang muncul seperti rasa tertusuk ditenggorokan dan sakit saat menelan. Selain itu, ada beberapa orang yang mengalami pusing kepala yang kuat saat mengalami hal ini.

Demikianlah informasi mengenai beberapa penyakit pasca lebaran yang umum terjadi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

Waspada Beberapa Penyakit Ini Sering Muncul Pasca Lebaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment