Monday, June 10, 2019

Tips Mengatasi Pilek Pada Anak

Tips Mengatasi Pilek Pada Anak - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai tips mengatasi pilek pada anak. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut.

Tips Mengatasi Pilek Pada Anak


Pilek merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada pernapasan bagian atas yang dapat membuat penderitanya merasakan hidung tersumbat. Pada umumnya pilek ini terjadi karena infeksi virus, namun bisa juga terjadi karena iritasi dan alergi terhadap seseuatu seperti halnya debu dan asap rokok.

Pilek umumnya lebih sering terjadi pada anak-anak, hal ini karena daya tahan tubuh anak belum sebaik orang dewasa. Meskipun pilek bisa sembuh dengan sendirinya, namun bunda tetap perlu merlakukan beberapa hal untuk mengurangi keluhan yang dirasakan oleh si kecil. Berikut adalah beberapa tips mengatasi pilek pada anak, diantaranya:

Memberikan Sup Ayam Hangat Pada Anak

Bagi anak yang berusia 6 bulan ke atas, bunda bisa memberikannya sup ayam hangat untuk membantu meredakan keluhan pilek, khususnya hidung tersumbat. Selain sup ayam, bunda juga bisa memberikan si kecil teh hangat yang dicampurkan dengan madu atau jahe untuk memberikan efek yang sama dalam meredakan pilek.

Pastikan Anak Untuk Tidur dan Istirahat Yang Cukup

Perlu bunda ketahui bahwa tidur yang berkualitas dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus penyebab pilek. Oleh karena itu, bunda bisa menidurkan si kecil lebih awal dan meliburkannya dari sekolah agar ia bisa beristirahat total di rumah. Hal ini juga sangat berguna untuk mencegah penularan pilek ke anak-anak yang lainnya di sekolah.

Menjauhkan Anak dari Paparan Polusi

Pada umumnya, paparan polusi seperti pewangi, asap rokok, dan debu dapat menyebabkan iritasi atau alergi pada hidung anak. Untuk itu, agar anak bisa cepat sembuh dari pilek maka bunda harus menjauhkan ia dari paparan berbagai polusi tersebut. Untuk menjaga kualitas dan kelembapan udara di dalam ruangan, ibu bisa menggunakan alat pelembap udara atau humidifier.

Mengatur Posisi Anak

Saat anak mengalami pilek, bunda bisa membaringkannya dengan posisi kepala lebih tinggi dari pada badan atau duduk bersandar, hal tersebut dapat membantu meringankan keluhan hidung tersumbat pada si kecil dan si kecil pun bisa beristirahat dengan nyaman dan tidur lebih nyenyak.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi pilek pada anak. Semoga tips-tips diatas bisa bermanfaat untuk bunda. Terima Kasih.

Tips Mengatasi Pilek Pada Anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment