Sunday, June 9, 2019

Hal-Hal Yang Perlu di Perhatikan Saat Meminum Kopi

Sintajamuwalatra.blogspot.com - Kopi merupakan salah satu minuman yang saat ini sedang populer dan banyak di gemari oleh masyarakat. Di Indonesia sendiri kopi bisa dinikmati dimana saja dan kapan saja. Meskipun sering dianggap baik untuk kesehatan, meminum kopi ternyata tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin meminum kopi.

Hal-Hal Yang Perlu di Perhatikan Saat Meminum Kopi


Berdasarkan hasil penelitian, selain meminum kopi ternyata menghirup aroma kopi juga bisa membuat kita menjadi lebih bersemangat sekaligus membuat tubuh menjadi lebih bugar dan dapat meningkatkan kinerja otak. Penelitian juga menyebut bahwa ada banyak hal lain yang juga sebaiknya kita perhatikan saat mengkonsumsi kopi. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat minum kopi, diantaranya:

Pastikan Untuk Mencukupi Kebutuhan Air Putih

Kopi diketahui memiliki sifat diuretik yaitu dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. Dan permasalahannya, hal ini bisa berimbas pada cairan tubuh yang lebih banyak keluar. Jika kita tidak mengkonsumsi air dengan cukup, maka dikhawatirkan hal ini akan meningkatkan resiko dehidrasi. Dehidrasi sendiri tidak hanya akan membuat rasa haus tetapu juga bisa menganggu berbagai sistem atau organ tubuh lainnya.

Hindari Konsumsi Kopi Saat Sedang Minum Obat

Terdapat beberapa jenis obat yang ternyata bisa memberikan reaksi pada kopi. Hal ini dapat membuat kinerja obat akan menurun dan akhirnya membuat penyakit yang kita derita tidak kunjung sembuh. Ada baiknya kita menghentikan minum kopi untuk sementara jika sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

Jangan Sembarang Menambahkan Gula atau Sirup

Banyak sekali orang yang sengaja menambahkan gula, krimer, atau sirup pada kopi yang ingin mereka konsumsi. Padahal penambahan bahan-bahan tersebut bisa membuat kopi memiliki kadar kalori yang tinggi. Hal ini tentunya bisa meningkatkan berat badan atau bahkan resiko diabetes.

Hindari Minum Kopi Secara Berlebihan

Pakar kesehatan sangat menyarankan kita untuk membatasi asupan kafein ke dalam tubuh dan pakar kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsi maksimal 400 mg setiap harinya. Jumlah ini setara dengan 3-4 cangkir kopi setiap harinya. Namun jika kita terbiasa mengkonsumsi kopi di kafe, sebaiknya batasi konsumsinya sekitar 3 cangkir saja karena  biasanya kandungan kafein di kopi-kopi racikan cenderung lebih tinggi.

Jika kita meminum kopi dalam jumlah yang berlebihan, dikhawatirkan akan memberikan dampak buruk seperti susah tidur, mudah gelisah, hingga terjadinya peningkatan denyut jantung. 

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum meminum kopi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

Hal-Hal Yang Perlu di Perhatikan Saat Meminum Kopi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

1 comments:

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia

    ReplyDelete