Monday, June 10, 2019

Cara Mengatasi Diare Secara Alami Di Rumah

Cara Mengatasi Diare Di Rumah - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai cara mengatasi diare secara alami di rumah. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut.

Cara Mengatasi Diare Secara Alami Di Rumah


Pada umumnya diare terjadi saat Anda buang air besar (BAB) dengan tekstur tinja yang encer hingga lebih dari 3 kali sehari. Diare sendiri dapat menimbulkan gejala yang cukup menganggu penderitanya seperti kembung, mulas, dan perasaan ingin BAB terus menerus.

Kondisi ini umumnya dapat terjadi ketika Anda mengkonsumsi makanan yang telah terkontaminasi oleh kuman, racun, maupun kotoran. Selain itu, diare juga dapat terjadi akibat hal lainnya seperti terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol, efek samping obat, atau penyakit tertentu.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi diare secara alami di rumah yang dapat Anda lakukan, diantaranya:

Mengkonsumsi Makanan Yang Tepat

Selama diare, Anda sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan rendah serat yang minim proses olahan dan tanpa banyak bumbu. Seperti nasi, kentang, biskuit, roti, pisang, dan sup. Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti yoghurt yang tentunya sangat baik untuk kesehatan usus. Namun sebaiknya, Anda memilih yoghurt yang tidak mengandung perasa, karena beberapa perasa buatan bisa memperparah diare.

Menyesuaikan Pola Makan

Perlu Anda ketahui bahwa terlalu banyakmakan dalam satu waktu bisa memaksa otot saluran cerna untuk bekerja lebih aktif, sehingga hal tersebut akan memperparah diare. Oleh sebab itu, Anda sangat disarankan untuk makan dengan porsi yang lebih kecil namun lebih sering. Anda dapat membagi 3 porsi makanan utama dalam sehari menjadi porsi-porsi yang lebih kecil untuk 5-6 kali makan. 

Menambah Asupan Cairan

Jika Anda sedang mengalami diare maka tubuh akan mengalami banyak kehilangan mineral dan akan menyebabkan dehidrasi. Oleh sebab itu, ketika sedang diare Anda sangat disarankan untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan dengan meminum 2-3 liter air putih (sekitar 8-12 gelas ukuran sedang) perharinya. Selain minum air putih, Anda juga bisa mendapatkan asupan cairan dari makanan dan minuman lain seperti kuah kaldu, sup, dan jus buah.

Itulah beberapa cara mengatasi diare secara alami yang dapat Anda lakukan di rumah. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Cara Mengatasi Diare Secara Alami Di Rumah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment