Sunday, March 3, 2019

Benarkah Susu Peninggi Badan Dapat Merangsang Pertumbuhan Tulang Anak?

Di zaman yang serba modern ini tentunya sudah banyak sekali merek susu peninggi badan yang dijual di berbagai toko swalayan atau supermarket. Pada umumnya susu ini sangat senangi oleh anak-anak dan juga remaja, sebab katanya jenis susu tersebut dapat merangsang pertumbuhan tulang dengan cepat. Tapi apakah benar dengan mengkonsumsi susu tertentu si kecil akan tumbuh tinggi? Yuk simak informasinya berikut ini.

Apa Saja Yang Terkandung Dalam Susu?

Protein yang terdapat di dalam susu tediri dari 2 jenis yaitu 80% kasein dan 20% wheyy protein. Kasein sendiri memiliki fungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh, sedangkan whey protein lebih berfungsi untuk membangung otot. Kandungan kalsium pada susu tentu saja sangat diperlukan tubuh untuk menjaga tulang dan gigi agar tetap kuat.

Selain itu, susu juga mengandung komponen bioaktif yang disebut dengan insulin-like growth factor-1 (IGF-1). Selain pada susu, IGF-1 ini juga ditemukan pada ASI yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan tulang. Maka secara tidak langsung, kandungan IGF-1 ini juga dapat menambah tinggi badan seseorang.

Benarkah Susu Peninggi Badan Efektif Untuk Anak?

Dari beberapa penelitian yangt telah dilakukan, minum susu ternyata sudah terbukti dapat meningkatan tinggi badan. Dan salah satu penelitian yang dimuat dalam jurnal Annals of Human Biology tahun 2009, mereka menyatakan bahwa anak usia prasekolah yaitu antara usia 24-59 bulan, mengalami kenaikan tinggi badan sekitar 1,1-1,2 sentimeter (cm) dibandingkan dengan anak yang tidak minum susu.

Namun begitu, hingga saat ini belum dapat diketahui secara pasti mengenai penelitian yang mengungkapkan bahwa susu peninggi badan efektif dalam merangsang pertumbuhan tulang anak dengan cepat. Klaim ini mungkin saja berasal dari kandungan kalsium yang ditawarkan dalam susu.

Perlu Anda ketahui jika asupan kalsium yang cukup sejak masa anak-anak memang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan tulang sampai dewasa. Namun untuk mendapatkan tinggi badan yang ideal, Anda tidak bisa hanya mengandalkan susu peninggi saja. Anda juga harus memberikan asupan makanan yang bergizi seimbang, terutama yang mengandung vitamin D dan protein tinggi seperti daging, kacang-kacangan, dan telur. Semua ini tentunya dapat membantu mengoptimalkan kesehatan tulang anak hingga ia dewasa nanti.

Karena menurut studi dalam jurnal Nature Genetics tahun 2015, sebanyak 60-80% perbedaan tinggi badan dapat ditentukan oleh faktor keturunan. Sementara sisanya yaitu 20-40% ditentukan oleh asupan nutrisi dan faktor lingkungan lainnya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai fakta susu dalam menambah tinggi badan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Benarkah Susu Peninggi Badan Dapat Merangsang Pertumbuhan Tulang Anak? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

1 comments:


  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    add pin bb 58ab14f5 || ditunggu ya^^

    ReplyDelete